Tips Memilih Pemanas Air Tenaga Surya

Sebelum Anda ingin menggunakan produk pemanas air tenaga surya pilihlah pemanas air yang sesuai kebutuhan rumah Anda serta kebutuhan seberapa cukup kapasitas nya.Satu hal lagi jangan sampai salah memilih produk pemanas air tenaga surya,karena saat ini sangat banyak merk pemanas air tenaga surya di pasaran yang after salesnya tidak bisa dipertanggung jawabkan.

Pemanas air tenaga surya solahart dapat membantu Anda berhemat dan juga ramah lingkungan, tapi harga awalnya bisa mahal. Ketika membeli pemanas air tenaga surya solahart , Anda perlu mengetahui berbagai jenis pemanas air tenaga surya yang tersedia untuk menentukan jenis yang akan bekerja optimal di rumah Anda. Sebuah pemanas air tenaga surya dapat menghemat hingga 50-80 persen dibandingkan biaya bahan bakar untuk pemanasan air konvensional,sehingga memilih opsi yang terbaik akan membantu memaksimalkan penghematan efesiensi anggaran Anda.Terbukti secara teori invesment ekonomi bahwa pemanas air tenaga surya solahart mampu ekonomis.

Hal pertama yang harus dilihat adalah lokasi geografis. Meskipun sistem pemanas air tenaga surya tersedia untuk semua iklim, masing-masing daerah akan mendapatkan keuntungan dari jenis pemanas tertentu. Sebuah pemanas air tenaga surya bisa berupa sistem aktif atau pasif. Pemanas air tenaga surya aktif menggunakan pompa sirkulasi dan kontroller, sedangkan pemanas air tenaga surya pasif tidak menggunakannya membutuhkan listrik. Pemanas air tenaga surya pasif paling baik bila digunakan di iklim hangat.

Pemanas air tenaga surya aktif terdiri dari sistem sirkulasi langsung atau tidak langsung.Sistem sirkulasi tak langsung bekerja pada iklim yang jarang membeku, sedangkan iklim dingin akan membutuhkan sistem sirkulasi langsung. Sistem sirkulasi langsung menggunakan cairan pentransfer panas anti-beku yang bersirkulasi melewati kolektor. Cairan ini mengumpulkan panas yang kemudian ditransfer ke air yang digunakan di rumah. Sistem langsung mengedarkan air yang minum secara langsung melewati kolektor tanpa membutuhkan cairan pentransfer panas.

Untuk sistem pasif, tersedia dua jenis pemanas air tenaga surya. Yang pertama adalah sistem kolektor-penyimpanan terpadu (ICS) dimana tangki penyimpanan bertindak sebagai kolektor. Biasanya tangki ini dicat hitam. Matahari memanaskan air secara langsung, maka tekanan air domestik akan mendorong air yang telah dipanaskan mengalir menuju keran atau tangki penampungan dalam rumah. Yang kedua adalah sistem thermosyphon dimana tangki penyimpanan dipasang di atas kolektor dan gravitasi akan mendorong air panas menuju tangki, tetapi sistem ini harus dipasang di atap dan karenanya tidak sesuai untuk semua rumah.

Jadi, ketika memilih pemanas air tenaga surya, pertama harus ditentukan jenis yang sesuai untuk iklim di mana sistem akan di instal. Selanjutnya, tentukan jumlah energi surya yang tersedia. Ini akan membantu menentukan efisiensi sistem surya. Jumlah air panas yang diperlukan juga harus diperhatikan. Hal ini menentukan ukuran dan jenis kolektor dan tangki penyimpanan. Akhirnya, periksa harga dan pertimbangkan semua faktor-faktor lain yang menentukan penghematan terbesar dan sistem yang paling efisien,ukuran,dan penggunaan di rumah.

Iklan